Tuesday, July 31, 2007

Chiffon Ketan Item

Ditempat gw dikalimantan ketan item gak terlalu populer, pernah makan udah jadi bubur kacang ijo di perempatan MT. Haryono deket kampus dulu...

pas pindah kesini udah biasa beli didepan rumah, apalagi pas hamil, ampir tiap hari makan burjo karena konon katanya bagus buat kehamilan.



Nah dilidah yang gw inget rasa ketan item yah yang dibuat bubur ituh.. tapinya pas browsing browsing dan baca e-mail koq banyak yah bersliweran resep-resep ketan item? penasaran juga rasanya gimana kalo dibikin cake.

udah bolak balik nanya mba shinta (malahan nodong ketan item segala hasil menang titan *mba shinta kutunggu ketan itemnya :D).

resep pertama yang di uji coba adalah chiffon ketan item dari ibu ruri yang dipajang oleh ibu ini.


Pertama bikin gw abisin sendiri 1 loyang kurang 2 slice (2 slice dimakan ayahnya adit, maaf yah say cuman kebagian 2 slice... ntar kalo beli, bunda kasih diskon deh ) dalam tempo 2 hari dan rasanya endanggggggg.... banget....!!!!!!!!!!! rasanya legit legit gimana gituh..
*maaf yah dit dut kalo nenennya berasa ketan item...

besoknya bikin lagih sekali 2 loyang, 1 loyang buat kantin Wisma Antara yang sudah jadi pelanggan tetap brownis panggang gw, jadi sekali sekali encik yang jualan dikasih bonus.
1loyang lagi buat makan lagih.. nanti lah next postingan gw ceritain asal muasal gw jadi suplier kantin di Wisma Antara
(yang merasa kerja di Wisma Antara atau yang lagi mampir kesana silahkan dibeli dilantai dasar di sebelah kiri lift ada toko kecil, dimejanya ada brownis panggang trus tulisannya "widya's", trus bilang ke enciknya kalo kuehnya enak.. biar enciknya mesen ke gw another cake hihihihihi...)


Yang lain juga kalo mau mesen silahkan..
*mulai deh jiwa pasarnya keluar...



Chiffon Ketan Item
Bahan 1 :
200 ml putih telur ~ sekitar 5 butir deh yaa
150 gr gula pasir (gw pake 1/2 cup)
1/2 sdt garam

Bahan 2 :
5 butir kuning telur
100 ml santan kental (pake susu UHT)
75 ml minyak sayur
150 gr tepung ketan item (diayak)

Cara membuat:

  1. masukin tepung ketan item kedalam wadah, buat lubang ditengahnya
  2. tuang kuning telur, minyak sayur dan santan
  3. aduk searah pake whisk sampe jadi adonan yang kental, pastiin si tepungnya larut semua ya, jangan sampe ada yang mringkil mringkil
  4. campur putih telur, gula pasir dan garam
  5. kocok campuran putih telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental
  6. campurin adonan putih telur ke dalam adonan tepung, aduk pake spatula sampe tercampur rata, jangan sampe masih ada adonan putih telur yang misah ya
  7. tuang ke loyang chiffon yang tidak dioles sama sekali, bagian dasarnya boleh dialasi kertas roti
  8. panggang dalam oven suhu 180° C selama ± 50 menit (di oven gw jadinya ampe 1 jam)
  9. setelah matang, keluarkan dari oven, langsung tunggingin si loyang sampai dingin, baru keluarin chiffonnya.

1 comment:

Lauderhill Cabinets said...

Good bloog post