Saturday, May 31, 2008

Banoffee Pie


Resep Tantangan #5: Banoffee Pies

Sumber: Foodtown Magazine. October-November 2007; Cuisine Magazine, November 2002. dengan modifikasi resep pastry dan filling.

Tingkat Kesulitan: Menantang. Untuk 4-6 potong.

Pastry:

300g tepung terigu

150g mentega tawar

iris dadu, 5 sdM gula

2 kuning telur

3 sdM air dingin


Masukkan tepung, mentega dan gula di dalam food processor, lalu proses hingga tercampur rata, tambahkan kuning telur (memakai pulse, supaya mengadoninya kemungkinan besar dapat tercampur rata dengan kecepatan tinggi dan waktu yang pendek). Proses hingga menjadi remah-remah. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika remahnya menjadi lebih besar (maksudnya sudah terkumpul), matikan mesin dan periksa apakah pastry bisa dikumpulkan jadi satu jika ditekan-tekan menggunakan jari (tekannya pelan-pelan aja, just to make sure). Keluarkan ke atas meja kerja dan kumpulkan (jangan uleni) hingga membentuk bulatan besar. (cara yang paling baik adalah tidak dengan meremas2 adonan supaya tidak mendapatkan hasil pastry yang keras/rubbery. Kumpulkan adonan ke atas plastik, kalau bisa langsung dibentuk seperti bola lewat cara merapatkan seluruh ujung plastik menjadi satu sehingga membentuk bola, jadi tidak menggunakan jari jemari anda untuk membentuk apalagi meremas adonan.


Note: jika tidak mempunyai food processor, tepung bisa dicampur dengan mentega pakai jari hingga berbentuk remah-remah hanya saja jangan diremas-remas. Gunakan ujung2 jari jika ingin mencampurkan tepung dengan mentega.

Setelah terkumpul membentuk bola diamkan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.

Keluarkan dari kulkas, giling sehingga mencukupi untuk menutup 20-22cm flan tin atau loyang pie/tart.. Tekan-tekan hingga memadati seluruh dasar loyang. Trim pinggiran pie/tart lalu tusuk dasar pastry dengan garpu. Sisihkan sebentar selama 30 menit.

Alasi kertas roti dan gunakan biji-bijian untuk menekan adonan supaya tidak menggelembung jika dipanggang. Panggang suhu 180C selama 12-15 menit atau hingga pastry kelihatan kecoklatan. (Lalu angkat kertas roti dan biji2an lalu panggang lagi selama 5 menit hingga dasar pastry mengering.)

Filling


75g mentega,

50g brown sugar,

3 sdM susu,

300g SKM,

2 buah pisang matang tapi tidak lembek,

300ml krim, ½ -1 cup white chocolate curls atau parut.

Masak mentega dengan gula hingga mentega leleh dan gula larut. Didihkan dan masak selama 1 menit (dengan api kecil), sambil diaduk-aduk menggunakan sendok kayu. Angkat dari api dan tambahkan susu dan SKM. Kembalikan ke atas api dan didihkan. Masak hingga 5-6 menit, diaduk-aduk hingga filling mengental dan berwarna kecoklatan. Dinginkan. (jika ingin mendapatkan efek runny, masaknya hanya sampai 4 menit saja).

Iris-iris pisang dan susun di dasar pastry yang sudah dipanggang. Tuang karamel lalu dinginkan di dalam kulkas selama 2 jam. Kocok krim hingga kaku lalu tuang ke atas pie/tart (boleh dengan cara mengolesi atau menyemprot dengan spuit, it's the time to use your imagination!) Taburkan coklat serut di atas krim.


Itu resep yang dikirim oleh host kali ini, tapiiiiii.... aku bikinnya 1/2 resep sajah. Untuk Filling brown sugar diganti dengan semena mena dengan gula palem :) takarannya dikurangi menjadi 25gr sajah untuk 1/2 resep. Kemudian susunya juga dikurangi menjadi 100 gr sajah, soalnya baca-baca yang udah coba duluan rasanya terlalu manis. Yang ini enak gak terlalu manis dan gak kental.

Terussssss heheheh malu sih ngaku tapi gakpapa ya .. setelah lapor Vin, aku tanya ini susunya susu bubuk kan ya? tapi kata vin seharusnya itu susu cair kekekeekeke...tapit etep dianggap lulus koq hihii makasih ya vin. yah yang penting rasanya ya bung!!! mantappp.. enak.. walopun masih tetap terasa begitu manis di lidah aku. Coba dinetralisir dengan menambahkan coklat bubuk ayak di atas cream.

Ukay... maaf ya jeng jeng telat postingannya, jumat eikeh cuti ada keperluan, sabtu minggu ostosmastis gak ngenet di rumah secara rumah kita tempat buang cucunya jin. jauh dari peradaban.

oh iya.. di foto tulisannya kurang f satu biji hihihihii... maap maap yaaaa buu..



Bahan Ditimbang, si butter aku potong dadu kayak motong untuk es buah :)

Penampakan adonan setelah disiksa dengan garpu, pake pisau pastry koq ya kedikitan adonannya? ditaroh di piring yang dialasi plastik wrap, siap dibikin bola.

Ditaroh biji-bijian sebelum dipanggang. I love this pict!!!!!! asyik bangettt!!!!

Dikasih pisang iris, terus dikasih filling.

Diberi Whipcream kocok, taburi coklat bubuk lalu diberi coklat warna coklat serut :D

Dipotong dua nih ceritanya... gak pecah banget tp tetep beremah, apa aku yg salah motong? motongnya pake pisau yang bergerigi buat roti?


9 comments:

Bunda Nadine said...

banopi-nya imutzzzzz ... kek yg bikin ... hehehehehehe

vivi said...

mba wid.. potonya cakeeup..
sukses yaa banoffenya..

Fahrin said...

hmm...yummy..
bisa di oerder gak ya?
:D

Widya Puteri said...

to bunda nadine : hihihih.. biar balance ma ukuran badan mbae :)

to vivi : thank you jeng... walopun ada kesalahan tapi dianggap sukses aja yaaa

to fahrin : hehehe boleh boleh... silahkeun mau berapa ribu biji? 10.000 cukup? hehehe..

ezza said...

bund...
aseli cuakep banget....
bikin ngiler lagi..

~Atiek~ said...

Cantik banget hasilnya Wid.. Fotonya sih pasti cantik dong.
Selamat ya, udah lulus..

http://baniaskitchen.blogspot.com/2008/05/tantangan-kbb-5-banoffee-pies.html

Andrie Anne said...

Wuiiii cantik banget dan menggoda banget. Mantap!

mae said...

Mauuuuuuu..... *drooling*, duh kenapa sih penampakan bisa imut en menggoda gituuuu :( kan jadi pengen :p

Rasanya pasti enyak, mau dooonk :)

Widya Puteri said...

to ezza : ini za tissue.. dilap dulu yaa... hihih lucu ya za anak STM bikin beginian.

to atiek : thanky ya dear.. iya nih lupa majang logo lulusnya :( nanti di revisi

to anne : mantap juga hehehehe...

to mae : alasannya adalah karena aku gka punya loyang pie yang besar mae hihihihi...