Friday, April 18, 2008

Pasion Pasion -an

*Mau posting yang rada mutu dikit hehehehe...
buat yang baca, bisa beli gorengan dulu, siapin kopi, atau sambil mandi juga bisa kayaknya.

Karena tiap pagi dan sore bu supir ini ngedengerin radio, jadi sukaaaa banget sama rene suhardono di hard rok FM (hai rene... nanti sore yaa jangan lupa dengerin saya mendengarkan ya.

pembahasan mas rene ini seputaran karir dan pasion, dan dia selalu bilang pasion itu beda sama hobby, dan pekerjaan yang dilakukan berdasarkan pasion hasilnya akan maksimal.

Setelah dipikir-pikir sambil tidur 3 hari 3 malam (ini tidur opo koma?) aku jadi ngeh..
duluuuu setelah dipecat dari Telkom karena nekat mendiduri "mengawini" pegawainya yang lain kepikiran mau jadi Work at Home Mom dengan jualan ini itu.

Mantengin terus milis Bunda In Biz, pernah beli domain rumahbunda.com (wes mateee webnya), ikutan google adsense walopun gak ngerti, hunting baju dan asesoris ke tanah abang atau mangga 2 buat di jual lagi, ikutan MLM Aroma terapi, sampe jualan perhiasan semua udah pernah.. tapi yo kayaknya jadi cuman ikut-ikutan alias latah doank bukannya untung malah rugi wong dipake dhewe.

Sampe akhirnya ketemu "pasion" yang dimaksud oleh rene.. ya really pasion.. yang aku kerjakan karena hobby.. yang aku relakan jatah tidurku, yang aku perjuangkan hasilnya... pokoknya bener-bener nikmeh dikerjakan.

Yep.. jadi tukang kue bukan cita-cita aku, dah mbelenek ngeliat nyokap bikin kue wkt kecil, bikin berantakan rumah, bikin cape, pokoknya kelaut aja deh tukang kue :)

maunya jadi kayak Nadia Yuniardo yang bertangan dingin di MLM, cepret cepret, kedap kedip, ketak ketik.. jadi dah. tapi siapa nadia siapa aku? beda orang beda pasion beda talent kan?
but she is still my idol.. dan karena dia aku jadi termotivasi.

Tapi sekarang dengan menjalankan pasion ini, aku jadi bisa berbisnis, bisa punya banyak relasi, jadi bisa pake kamera sendiri (sebelumnya jadi objek ajah), bisa ber google adsense yang materinya asli dari buah pikir aku sendiri, dan lain sebagainya..

Balik kerja lagi di kantor (karena satu dan lain hal) yang kalo kepleset juga nyampe dari rumah, masuk jam 9 pulang jam 5, kalo ada pesenan izin pulang. Jadi sebenarnya main job aku bakul kue, sidejob jadi karyawati xixixixix...

gimana ngatur waktunya?
balik lagi karena ini pasion, jadinya ikhlas banget ngerjainnya.. harga memang ada tapi bukan yang utama dan bisa dinegosiasikan, karena aku senang bisa mengekspresikan diri di baking..
pesenan biasanya di sabtu minggu.. jadi hari jumat pulang cepat ;) terus begadang semaleman, bahkan bisa 3 malam, muka dah kayak vampire, tapi tetep cantik ;p *enchef yang
krisis kecantikan

pokoknya diusahakan bekerja dini hari, setelah semua terlelap, jadi gak ada yang protes kalo rumahnya berantakan paling banter pada bangun protes denger suara mixer, subuh dah diberesin sama mbaknya.. terus aku tidur maen sama adit:))

tugas baking beberapa bisa didelegasikan, misal menimbang bahan, nyiapin loyang motong kertas roti dan kerjaan ringan lainnya.. sementara si mbak nyiapin, aku maen dulu sama adit, baru mulai megang kalo ngocok gula & telur atau menghias (yang ini sangat tidak bisa didelegasikan :)

Perasaan yang paling indah dan membuat aku nagih adalah kata-kata "enak, bagus dan terima kasih" kalo pelanggan aku bilang gini rasanya lepas semua kantuk, idung kempas kempis, mulut kebat kebit, sampe pantat juga goyang goying..

gak bisa dipungkiri kalo eikeh haus pujian, jadinya bisa dopping semangat. tapi bukan berarti hanya pujian yang siap kita terima, ujian juga harus bisa. biar tau diri, setelah langit masih ada langit, setelah bagus masih ada kata jelek dst.

Jadi buat yang lagi mencari jati diri, galilah potensi diri anda dalam-dalam, kembangkan baru jadikan bisnis. Tidak harus baking..

kalo suka gardening bisa jualan bunga..
kalo suka kreatif bisa bikin handycraft..
kalo suka modis bisa jadi tukang tata rias..
kalo suka bahasa inggris bisa jadi translater..
kalo suka desain bisa jadi desainer..
de el el deh.. banyak banget lah lowongan bisnis yang bisa dikembangkan dari diri sendiri, jangan tanya bagaimana memulainya, karena hanya anda sendiri yang tau!! gak percaya? liat aja postingan di blog ini tahun 2006 baca da simaklah perjalanan hidup si enchef.. huuuuuuuuu capa juga yang mau!!!!

Happye week end semuaaaa!!!

NB : Dah dapet power supply yang sesuai dengan kompie, thanks buat oxycomputer, khususnya mba mila dari milis BIB.

7 comments:

tie said...

setelah proses mencari jati diri ternyata nyantol di bakul kuwe hihihii sama dong kalo gitu , tie juga :) , sukses yaahhh

hanum said...

Thx pencerahannya Wid :)

Widya Puteri said...

to tie : hehe iya neng.. butuh waktu ternyata untuk mencari apa sebenarnya minat kita.. tossd ulu deh sesama bakul kuwe ;)

to hanum : sama-sama say... sukses terus ya..

Si Rini said...

Bener bangeeeddd bu.

Do what you love then
Love what you do

nies... said...

hmmmm, til now I still cant figure out what is my ability mbak...mpe sekarang juga masih bingung punya hobi apa yg bisa dikembangkan, jadi ngiri loh klo liat orang yg bermula dari hobi bis jadi expert dibidangnya itu, kek mbak widya...jujur saya tiap kali online pasti seringnya buka blognya mbak...gimana yach mbak cara mencari tau apa siy sebenernya bakat or talent kita??? hehe..maap jadinya malah curhat nie... ;)

Solsikke i mit hært said...

asyik lah Wid...udah ketemu talentnya di baking.....Kalo loe jualan di tempat gue laku kali...org disini cake dan kuenya boring semua....mereka banyak main di pastry dan roti yg keras2 ....atau croissont...

Udh pindah ke Århus aja deh, :D

gmn kabar ndiit ndutt...?

Shinta said...

Aduuh... posting-nya menyentuh sekali Bu Enchef.
Jadi semangat nih untuk menggali. menggali apaan ya??? hahaha... ya potensi diri yang ada pasion-nya lah yaow...!

Buat si Rini, jargon/moto-nya bagus tuh! Do what you love then love what you do.