Tuesday, March 20, 2007

Bolu kukus atau muffin kukus


Minggu kemaren pas ada temen suami main ke rumah, gak enak juga kalo gak disuguhin apa-apa... trus buka-buka buku resep ada resep bolu kukus yang keliatannya so simpel.

Mulai deh ngubek-ngubek gadget dapur, apa yang ada dipakai.. maksudnya pakai apa yang ada :) gak punya cetakan bolu kukus yang bolong-bolong, ya sutrah pake cetakan muffin aja.


dasar emang gak bisa masak, itu bolu kukus emang ngembang, tapi ngembang kayak muffin bukan kayak bolu kukus yang ngembang mekar :( gak tau apa karena pake loyang muffin, secara gak ada bolong-bolongnya. atau emang pas ngocok bahan-bahan gak sempurna?


Ya sut, karena dimakan anget-anget bolu kukus pandannya terasa enak dan empuk.. tapi beberapa jam kemudian udah berasa kerasnya. Pas ditanya itu kue apaan, gw bilang aja itu "
muffin kukus" hehehehhe..

Bahan :
2 butir telur
10 gr emulsifier

200 gr gula pasir

250 gr tepung terigu protein sedang
1/5 sdt garam

200 ml soda tawar (gw pake sprite trus gulanya dikurangi)

1 sdt essens pandan

100 gr meises cokelat

Direction :
  • kocok telur, gula pasir & emulsifier s.d mengembang
  • tambahkan ayakan tepung terigu dan garam bergantian dengan soda tawar sambil diaduk rata
  • masukkan essens pandan & meises, aduk rata
  • masukkan adonan ke paper cup dan cetakan bolu kukus (sorry gw pake cetakan muffin), kukus 10 menit dengan api besar.

2 comments:

Vania said...

Wid,
kalo bikin muffin pake cetakan bolkus masih bisa deh, tapi gak berlaku sebaliknya~bikin bolkus pake cetakan muffin :(
Bolong2 di cetakan bolkus itu berperan besar dlm merekahkan si bolkus.
Ngomong2 kapan due date-nya Wid?

Ummu Auliya said...

hehehe sama nih, kaya saya, bikin bolu kukus jadinya malah mirip muffin...