Wednesday, March 26, 2008

Cake Tape


well.. mumpung lagi sedikit lembur dan mata dah mulai sepet kita akan mengejar ketertinggalan berita baking membaking di dapur santiago. Resep dan foto pernah saya posting di Milis kuliner, akan saya repost di blog ini lembali, jadi berkenan gak berkenan harus berkenan lha blog blog saya? hahaaaha.. maaf rada konslet dan jam 18.00 belum pulang nieee hiks hiks hiks...
dibuat untuk team survey trans 7 dolllooooowww bangets 2-3 bulan yang lalu, kita ditodong bikin kue instant, yang ada di rumah cuman bahan2 seperti di bawah. Trus waktu yang dikasih juga gak lama, akhirnya bikin butter cake yang di modif pake tape dan keju.
Simple, gak perlu nyairin margarine, trus saya juga pake mixer semua dari ngocok margarine sampe susu, langsung panggang. Teksturnya lembut dan padat tapi gak seret, karena airnya cuman dikit. Ngembangnya gak ngembang2 amat, naik sedikit aja. tapi karena semuanya dikocok insya Allah tetep lembut.

Margarine "Tape" Cake

Bahan :

200 gr tape singkong, haluskan

200 gr margarine

175 gr gula pasir

250 gr tepung terigu

1 sdt baking powder

4 butir telur

25 gr susu fullcream

100 ml air (atau ganti aja dengan susu UHT 100 ml, hilangkan susu bubuknya)

keju parut secukupnya untuk taburan

Caranya :

  1. Kocok Margarine dan gula pasir hinggal lembut (kecepatan tinggi), masukkan tape singkong yang telah dihaluskan, kocok kembali dengan kecepatan sedang sampai tercampur rata dan lembut.
  2. Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok (kecepatan rendah)
  3. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak, bergantian dengan larutan susu. (kalo saya teteup mixernya gak mati-mati :D jadi pake speed rendah)
  4. Panggang di loyang 24 x 24 yang telah dilasi kertas roti dan di oles margarine tipis dengan suhu 180 derajat selama 30 menit, 10 menit pertama saya keluarkan dan dikasih parutan keju, supaya kejunya gak kadung gosong.

2 comments:

Anonymous said...

Kulanuwun,....
ini aku Wid, di serpong kerja apa wae ?

purwa said...

uuhhmmm... pastinya yummy banget kalo di makannya sama capucino hangat. ;)