Saturday, March 06, 2010

ChocoChips Cookies


Saya itu pecinta resep dengan komposisi berat yang genap-genap
gak tau kenapa, suka agak malas aja praktek resep yang beratnya ganjil-ganjil,
misal 35 gram bla bla bla..
140 gram bla bla bla..

jadilah resep cookies ini juga segenapnya aja
aslinya dari buku SEDAP "52 KUE POPULER" dengan judul yang sama.
ini resep yang sudah versi saya saja ya..
alhamdulillah 1 resep jadi 1 toples dan habis dalam 1 hari..
jiyeeehh yummy lah pokoknya!!

Oh iya, sekarang saya punya website baru lagi,
yang khusus berisi informasi seputaran baking.. coba lihat-lihat http://www.bahankue.info yaa
kalo mau berkontribusi juga boleeee banget. Insya Allah berguna buat yang lain.




Bahan :
50 gr butter
100 gr margarin
50 gr gula palem
50 gr gula halus
1 butir telur
200 gram tepung protein rendah
1 sachet susu bubuk (tulisannya 27 gr, genapin 30 gr atau 25 gr jg gak beda jauh :p)
25 gr coklat bubuk (---aslinya gak ada---)
1/2 sdt Baking Powder
150 gr chocochips (gak punya stock, akhirnya pakai DCC cincang)

Cara membuat :
  • Kocok margarine, butter, gula halus, gula palem dan telur sampai lembut (2 menit speed tinggi hand mixer phillips cukup)
  • Masukkan bahan-bahan kering lainnya sambil diayak (tepung terigu, coklat bubuk, susu bubuk dan Baking Powder) aduk rata.
  • terakhir masukkan Chocochips atau DCC cincang, aduk rata.
  • Sendokkan di loyang, panggang dengan suhu 150 derajat celcius selama 25 menit.

Note :
  • saat disendokkin gak usah dipenyet, nanti melebar sendiri.
  • jangan kelamaan manggangnya, kalo kelamaan jadinya agak keras,
  • walopun saat diangkat masih agak empuk, biarin aja dulu nanti akan mengeras sendiri seiring panas loyang yang tertinggal.
  • tekstur kukis ini memang agak empuk jangan berharap sama persis dengan chocochips yang dijual dipasaran ya, tapi yang pasti lebih sehat, karena kadar manisnya bisa diatur dan bahan-bahannya juga kita tau ;-)

4 comments:

ika said...

salam kenal, widya..
seneng deh liat blognya mulai aktif lagi.
mmm.. ini cookiesnya teksturnya sama kaya goodtime nggak?

amikudo said...

horeee ka widya beolah wadai lagiii..ulun nyontek lah ;)

bukan sastrawan said...

wah kuenya enak2 lho...
salam kunjungan ya?!!!

Dheztyvanesh Axelia said...

I agree, for the most part, but don’t you feel as if the issue is more complex than that?

taruhan bola , poker online